loading...
Kalau tangan kananmu memdiberi, selalu diusahakan tidakboleh hingga tertangkap berair oleh tangan kiri. Akibatnya tangan kiri sering uring-uenteng kepada tangan kanan: “Kenapa engkau tidak pernah bersedekah?”
Pada koordinat perkara itulah Tuhan meletakkan insan dalam kehidupan. Kalau insan menunjukkan perannya, dapat terbentur tembok “riya“. Kalau insan menyembunyikan perannya, insan dapat di-sampah-kan oleh sesamanya. Buku sejarah bukan spesialuntuk tidak mencatatnya, lebih dari itu malah dapat mengutuknya.
Kalau insan berdoa memohon ini itu, Allah dapat berposisi defensif: “Fabi ayyi ala`i Robbikuma tukadzdziban“. Nikmat Tuhan yang mana yang kamu dustakan wahai Jin dan Manusia. Tapi bila insan pasrah bongkokan, terserah-serah Tuhan mau kasih apa atau tak kasih apa-apa, Allah melambaikan tangan: “Ud’uni Astajib lakum“. Memohonlah kepada-Ku, pasti Kujawaban dan Kukabulkan.
Bergaul dengan Tuhan Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang saja memerlukan kecerdasan, kepekaan dan kejelian menghitung posisi dan momentum. Apalagi diberinteraksi dengan sesama insan yang penuh keterbatasan tetapi simpel menyimpulkan, yang penuh kelemahan tapi sombong, yang penuh belum sempurnanya tapi cenderung mengagumi diri sendiri.
Kalau batang hidung Anda tidak tampak di antara tujuh juta insan gelombang 212, Anda dapat disimpulkan sebagai Munafik, tidak punya sikap, atau minimal dikategorikan sebagai jenis insan “yang spesialuntuk bicara-bicara saja, tetapi tidak berani berjuang di medan perang”. Agar Anda tidak dicatat sebagai “sampah yang tidak berguna”: Anda harus mengumumkan bahwa Anda yang mengolah perubahan kawasan Jum’atan dari Jl. Thamrin Sudirman ke Monas, demi simulasi “yurisprudensi“, supaya tidak membuka peluang di masa diberikutnya bagi kemungkinan-kemungkinan kemudharatan politik.
Jika ada pertempuran, pasukan yang dicatat oleh sejarah spesialuntuk pasukan Infanteri. Plus sedikit Kavaleri dan Altileri. Tetapi pasukan Bayangan, pasukan Siluman, termasuk pasukan Pengintai dan divisi Gerilyawan – tidak diketahui oleh siapapun. Dan bila Anda ialah bab dari itu, Anda ditegur oleh kawan-kawan : “Kok engkau tidak ikut berjuang?”
Ketika berlangsung keramaian di mana sebuah Masjid gres yang besar dan megah diresmikan, yang dihadiri oleh para pejabat tinggi, para Ulama dan tokoh-tokoh masyarakat – ada seorang renta yang tidak diizinkan masuk, spesialuntuk berdiri di balik pagar luar lingkungan Masjid. Ia berdesakan dengan ratusan hadirin lain di luar pagar. Hanya Allah dan satu dua pihak lain yang tahu bahwa orang itulah pewakaf tanah yang didirikan Masjid itu, dan ia pulalah yang membiayai seluruh keperluan pembangunannya.
Dalam dunia sepakbola dikenal “pemain tanpa bola“. Pasukan tidakboleh spesialuntuk memseriuskan diri kepada pergerakan bola dan para pemain yang di sekitarnya. Yang justru tidak kalah penting untuk diwaspadai ialah para pemain yang tanpa bola, atau yang melaksanakan pergerakan di luar kemudian lintas bola. Setiap pembawa bola justru selalu berpikir tentang kawan-kawannya yang tanpa bola berlari ke suatu posisi untuk siap-siap mengakselerasi bergulirnya bola menuju gawang lawan.
Di luar itu ternyata permainan bola, lapangan bola serta apapun saja yang terkait dengan itu – ialah bab dari kehidupan yang jauh lebih luas dan multidimensional dibanding batas-batas urusan teknis bola. Ternyata tidak spesialuntuk ada “pemain tanpa bola“, tapi mengerikan juga ada “bola tanpa pemain“. Artinya, bola dapat bergerak ke luar wilayah yang dirancang dan dimaksudkan oleh pemain bola. Seakan-akan ada pemain lain yang tidak kelihatan, yang menggagalkan permainan pemain yang kelihatan.
Anak-anak kita U-19 latihan sepakbola dipandu coach Indra Sjafri – tentu demikian juga kesebelasan-kesebelasan lainnya – tidak spesialuntuk sebagai pesepakbola, tapi juga dengan kesadaran sebagai bangsa Indonesia, sebagai insan dan sebagai hamba Tuhan. Mereka membiasakan diri bersujud syukur dalam posisi apapun, serta pada keadaan menang atau kalah. Kemudian sewajarnya, bahkan selayaknya – alasannya sudah melaksanakan segala yang terbaik – kepada Tuhan mereka memohon kemenangan.
Dan Allah memberkati kesehatan dan stamina mereka, meridlai skill dan permainan canggih mereka, sehingga pada pertandingan menentukan melawan Thailand itu mereka sungguh-sungguh menguasai permainan, mengurung lawan. Tetapi Allah juga merahmati kiper Thailand sehingga bermain seolah-olah dimenolong oleh beberapa Malaikat yang turut menjaga gawang kewajibannya.
Dua kali pernah saya alami kebuntuan ibarat yang dialami belum dewasa saya Kesebelasan U-19 di Myanmar tempo hari. Bedanya tingkat dan skala mereka ASEAN, sedangkan yang saya alami ialah sepakbola Tarkam, Antar-kampung.
Kami kuasai sepertiga lapangan di depan gawang lawan sepanjang permainan hingga Maghrib hampir menjelang. Kami menang skill, strategi, kematangan kerjasama maupun ketangguhan tubuh. Puluhan kali shooting kami lakukan tetapi selalu digagalkan oleh kiper “pulut” lawan, dimelencengkan oleh desakan udara mendadak, atau posisi kaki kami ketika menendang bola sudutnya digeser 1-2 derajat sehingga arah bola melenceng 1-2 meter.
Seperti ada invisible ball keeper, atau ada jala rahasia, jaring nir-kasyaf di depan gawang lawang. Atau “Dukun” mereka kuat. Kami tidak pernah bawa Dukun. Hanya selalu berusaha menang undian pertama untuk menentukan posisi bab kiri atau kanan di lapangan, melalui koin yang dilempar dan kami harus menentukan Angka atau “Beri” (Garuda). Itu memuluskan rancangan taktik kami. Tetapi kali ini rasanya lawan kami tidak spesialuntuk 11 pemain. Seperti ada bon-bonan gaib, entah Jin entah Demit, atau Aji Lembu Sekilan yang membuat bola mental balik sebelum mencapai samasukan.
Atau malah mungkin ini ialah Qadar: Allah tidak memperkenankan kami menang kali ini demi pertimbangan jangka agak panjang, yang menyangkut psikologi kami serta posisi Kesebelasan desa kami dalam konstelasi Tarkam. Padahal secara Qadla kami sudah ditulis lebih unggul di lembar kesekian Kitab Lauhul Mahfudh.
Allah sedang “demo”. Minimal dengan tiga orasi. Pertama, “Apa yang engkau hindari dan tak kamu sukai, mungkin malah itu yang baik bagimu. Dan sesuatu yang kamu inginkan alasannya kamu sukai, dapat jadi itu jelek bagimu“. Kedua, “Allah memdiberi rezeki melalui cara dan jalan yang kamu tak dapat perhitungkan“. Mungkin kesusahan memasukkan gol hingga senja meremang ini ialah rizki, yang besok atau lusa gres kami ketahui maknanya. Dan ketiga, “Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu“. “Barang siapa menolak ketetapan-Ku, silahkan mencari bumi atau kawasan lain yang bukan Milik-Ku“. Nah Lu. Mampus kami.
Akhirnya Kapten Kesebelasan kami mengambil keputusan yang guah, radikal dan anarkis. Mohon menjadi tumpuan doloe bahwa di tahun 1960-an bola sepak ada bab luar dan bab dalamnya yang harus dipompa doloe. Kemudian belalai kawasan masuknya udara dilipat, dimasukkan ke dalam semacam lisan di bulatan luar. Sesudah masuk, harus ditali ibarat mengikat tali sepatu. Kaprikornus ada bab dari bulatan bola yang menonjol, sakit bila ditendang, dan lisan itu bab terlemah dari tekanan.
Kapten menyuruh saya mengoper bola “tlèsèr” atau datar merambat di tanah, tapi diarahkan ke salah satu pemain lawan. Kapten mengambil posisi mengejar bola itu berlawanan arah dengan pemain lawan. Mereka berdua berlari kencang menuju bola, kemudian Kapten menendang bola itu sangat keras ke arah kaki lawan. Benturan frontal terjadi, sedemikian rupa sehingga muncul suara letusan keras, ibarat petasan ukuran besar atau bom ukuran kecil. Bersamaan dengan itu karet bab dalam melesat keluar lisan kulit luar, menjadi lembungan besar ibarat balon raksasa. Sesaat kemudian balon itu meletus dan karetnya menjadi sobekan-sobekan.
Tidak ibarat lagu “Meletus balon hijau dor!”. Yang meletus dari bola itu, sebagaimana lazimnya balon: ia berwarna merah.
Permainan berhenti. Skor 0-0. Semua tegang, Kapten kami senyum-senyum. Mohon tidakboleh bayangkan ini pertandingan antar klub profesional di stadion, di mana bola-bola tersedia dalam jumlah banyak. Sepakbola Tarkam 1960-an punya satu bola saja sudah sebuah sukses. Begitu bola meletus, selesailah permainan.
Indonesia Raya ini punya berapa “bola”? Siapa saja yang berkuasa atas Indonesia, baik para “pemain dengan bola” maupun mereka para “pemain tanpa bola” – sudah mantapkah kalian bahwa tidak ada “bola tanpa pemain” di sekitar kalian? Benarkah tidak ada Qadla dan Qadar di balik salah satu Sila dari Pancasila? Coba kita lihat bersama mulai pertama 2018 sebentar lagi.
sumber : https://www.caknun.com/2017/bola-tanpa-pemain/
Pada koordinat perkara itulah Tuhan meletakkan insan dalam kehidupan. Kalau insan menunjukkan perannya, dapat terbentur tembok “riya“. Kalau insan menyembunyikan perannya, insan dapat di-sampah-kan oleh sesamanya. Buku sejarah bukan spesialuntuk tidak mencatatnya, lebih dari itu malah dapat mengutuknya.
Kalau insan berdoa memohon ini itu, Allah dapat berposisi defensif: “Fabi ayyi ala`i Robbikuma tukadzdziban“. Nikmat Tuhan yang mana yang kamu dustakan wahai Jin dan Manusia. Tapi bila insan pasrah bongkokan, terserah-serah Tuhan mau kasih apa atau tak kasih apa-apa, Allah melambaikan tangan: “Ud’uni Astajib lakum“. Memohonlah kepada-Ku, pasti Kujawaban dan Kukabulkan.
Bergaul dengan Tuhan Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang saja memerlukan kecerdasan, kepekaan dan kejelian menghitung posisi dan momentum. Apalagi diberinteraksi dengan sesama insan yang penuh keterbatasan tetapi simpel menyimpulkan, yang penuh kelemahan tapi sombong, yang penuh belum sempurnanya tapi cenderung mengagumi diri sendiri.
Kalau batang hidung Anda tidak tampak di antara tujuh juta insan gelombang 212, Anda dapat disimpulkan sebagai Munafik, tidak punya sikap, atau minimal dikategorikan sebagai jenis insan “yang spesialuntuk bicara-bicara saja, tetapi tidak berani berjuang di medan perang”. Agar Anda tidak dicatat sebagai “sampah yang tidak berguna”: Anda harus mengumumkan bahwa Anda yang mengolah perubahan kawasan Jum’atan dari Jl. Thamrin Sudirman ke Monas, demi simulasi “yurisprudensi“, supaya tidak membuka peluang di masa diberikutnya bagi kemungkinan-kemungkinan kemudharatan politik.
Jika ada pertempuran, pasukan yang dicatat oleh sejarah spesialuntuk pasukan Infanteri. Plus sedikit Kavaleri dan Altileri. Tetapi pasukan Bayangan, pasukan Siluman, termasuk pasukan Pengintai dan divisi Gerilyawan – tidak diketahui oleh siapapun. Dan bila Anda ialah bab dari itu, Anda ditegur oleh kawan-kawan : “Kok engkau tidak ikut berjuang?”
Ketika berlangsung keramaian di mana sebuah Masjid gres yang besar dan megah diresmikan, yang dihadiri oleh para pejabat tinggi, para Ulama dan tokoh-tokoh masyarakat – ada seorang renta yang tidak diizinkan masuk, spesialuntuk berdiri di balik pagar luar lingkungan Masjid. Ia berdesakan dengan ratusan hadirin lain di luar pagar. Hanya Allah dan satu dua pihak lain yang tahu bahwa orang itulah pewakaf tanah yang didirikan Masjid itu, dan ia pulalah yang membiayai seluruh keperluan pembangunannya.
Dalam dunia sepakbola dikenal “pemain tanpa bola“. Pasukan tidakboleh spesialuntuk memseriuskan diri kepada pergerakan bola dan para pemain yang di sekitarnya. Yang justru tidak kalah penting untuk diwaspadai ialah para pemain yang tanpa bola, atau yang melaksanakan pergerakan di luar kemudian lintas bola. Setiap pembawa bola justru selalu berpikir tentang kawan-kawannya yang tanpa bola berlari ke suatu posisi untuk siap-siap mengakselerasi bergulirnya bola menuju gawang lawan.
Di luar itu ternyata permainan bola, lapangan bola serta apapun saja yang terkait dengan itu – ialah bab dari kehidupan yang jauh lebih luas dan multidimensional dibanding batas-batas urusan teknis bola. Ternyata tidak spesialuntuk ada “pemain tanpa bola“, tapi mengerikan juga ada “bola tanpa pemain“. Artinya, bola dapat bergerak ke luar wilayah yang dirancang dan dimaksudkan oleh pemain bola. Seakan-akan ada pemain lain yang tidak kelihatan, yang menggagalkan permainan pemain yang kelihatan.
Anak-anak kita U-19 latihan sepakbola dipandu coach Indra Sjafri – tentu demikian juga kesebelasan-kesebelasan lainnya – tidak spesialuntuk sebagai pesepakbola, tapi juga dengan kesadaran sebagai bangsa Indonesia, sebagai insan dan sebagai hamba Tuhan. Mereka membiasakan diri bersujud syukur dalam posisi apapun, serta pada keadaan menang atau kalah. Kemudian sewajarnya, bahkan selayaknya – alasannya sudah melaksanakan segala yang terbaik – kepada Tuhan mereka memohon kemenangan.
Dan Allah memberkati kesehatan dan stamina mereka, meridlai skill dan permainan canggih mereka, sehingga pada pertandingan menentukan melawan Thailand itu mereka sungguh-sungguh menguasai permainan, mengurung lawan. Tetapi Allah juga merahmati kiper Thailand sehingga bermain seolah-olah dimenolong oleh beberapa Malaikat yang turut menjaga gawang kewajibannya.
Dua kali pernah saya alami kebuntuan ibarat yang dialami belum dewasa saya Kesebelasan U-19 di Myanmar tempo hari. Bedanya tingkat dan skala mereka ASEAN, sedangkan yang saya alami ialah sepakbola Tarkam, Antar-kampung.
Kami kuasai sepertiga lapangan di depan gawang lawan sepanjang permainan hingga Maghrib hampir menjelang. Kami menang skill, strategi, kematangan kerjasama maupun ketangguhan tubuh. Puluhan kali shooting kami lakukan tetapi selalu digagalkan oleh kiper “pulut” lawan, dimelencengkan oleh desakan udara mendadak, atau posisi kaki kami ketika menendang bola sudutnya digeser 1-2 derajat sehingga arah bola melenceng 1-2 meter.
Seperti ada invisible ball keeper, atau ada jala rahasia, jaring nir-kasyaf di depan gawang lawang. Atau “Dukun” mereka kuat. Kami tidak pernah bawa Dukun. Hanya selalu berusaha menang undian pertama untuk menentukan posisi bab kiri atau kanan di lapangan, melalui koin yang dilempar dan kami harus menentukan Angka atau “Beri” (Garuda). Itu memuluskan rancangan taktik kami. Tetapi kali ini rasanya lawan kami tidak spesialuntuk 11 pemain. Seperti ada bon-bonan gaib, entah Jin entah Demit, atau Aji Lembu Sekilan yang membuat bola mental balik sebelum mencapai samasukan.
Atau malah mungkin ini ialah Qadar: Allah tidak memperkenankan kami menang kali ini demi pertimbangan jangka agak panjang, yang menyangkut psikologi kami serta posisi Kesebelasan desa kami dalam konstelasi Tarkam. Padahal secara Qadla kami sudah ditulis lebih unggul di lembar kesekian Kitab Lauhul Mahfudh.
Allah sedang “demo”. Minimal dengan tiga orasi. Pertama, “Apa yang engkau hindari dan tak kamu sukai, mungkin malah itu yang baik bagimu. Dan sesuatu yang kamu inginkan alasannya kamu sukai, dapat jadi itu jelek bagimu“. Kedua, “Allah memdiberi rezeki melalui cara dan jalan yang kamu tak dapat perhitungkan“. Mungkin kesusahan memasukkan gol hingga senja meremang ini ialah rizki, yang besok atau lusa gres kami ketahui maknanya. Dan ketiga, “Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu“. “Barang siapa menolak ketetapan-Ku, silahkan mencari bumi atau kawasan lain yang bukan Milik-Ku“. Nah Lu. Mampus kami.
Akhirnya Kapten Kesebelasan kami mengambil keputusan yang guah, radikal dan anarkis. Mohon menjadi tumpuan doloe bahwa di tahun 1960-an bola sepak ada bab luar dan bab dalamnya yang harus dipompa doloe. Kemudian belalai kawasan masuknya udara dilipat, dimasukkan ke dalam semacam lisan di bulatan luar. Sesudah masuk, harus ditali ibarat mengikat tali sepatu. Kaprikornus ada bab dari bulatan bola yang menonjol, sakit bila ditendang, dan lisan itu bab terlemah dari tekanan.
Kapten menyuruh saya mengoper bola “tlèsèr” atau datar merambat di tanah, tapi diarahkan ke salah satu pemain lawan. Kapten mengambil posisi mengejar bola itu berlawanan arah dengan pemain lawan. Mereka berdua berlari kencang menuju bola, kemudian Kapten menendang bola itu sangat keras ke arah kaki lawan. Benturan frontal terjadi, sedemikian rupa sehingga muncul suara letusan keras, ibarat petasan ukuran besar atau bom ukuran kecil. Bersamaan dengan itu karet bab dalam melesat keluar lisan kulit luar, menjadi lembungan besar ibarat balon raksasa. Sesaat kemudian balon itu meletus dan karetnya menjadi sobekan-sobekan.
Tidak ibarat lagu “Meletus balon hijau dor!”. Yang meletus dari bola itu, sebagaimana lazimnya balon: ia berwarna merah.
Permainan berhenti. Skor 0-0. Semua tegang, Kapten kami senyum-senyum. Mohon tidakboleh bayangkan ini pertandingan antar klub profesional di stadion, di mana bola-bola tersedia dalam jumlah banyak. Sepakbola Tarkam 1960-an punya satu bola saja sudah sebuah sukses. Begitu bola meletus, selesailah permainan.
Indonesia Raya ini punya berapa “bola”? Siapa saja yang berkuasa atas Indonesia, baik para “pemain dengan bola” maupun mereka para “pemain tanpa bola” – sudah mantapkah kalian bahwa tidak ada “bola tanpa pemain” di sekitar kalian? Benarkah tidak ada Qadla dan Qadar di balik salah satu Sila dari Pancasila? Coba kita lihat bersama mulai pertama 2018 sebentar lagi.
sumber : https://www.caknun.com/2017/bola-tanpa-pemain/
Tag :
caffebreak
0 Komentar untuk "Bola Tanpa Pemain [Cak Nun]"