Tor Vs Vpn-Apa Bedanya? Mana Yang Harus Anda Gunakan?

loading...
melaluiataubersamaini cepatnya eskalasi baru-baru ini terhadap bahaya privasi online dari para peretas, semakin banyak pengguna internet mencari alat yang memmenolong untuk melindungi privasi dan data mereka. Secara bersamaan, orang juga mencari perangkat lunak yang sanggup memmenolong mereka menjaga internet tetap bebas, kondusif dan terbuka. Mereka ingin menyiasati sensor negara dan pembatasan perusahaan dan mengakses konten apa pun yang mereka sukai, kapan pun mereka mau. Dan dua layanan yang paling sering dijumpai yang mengatakan manfaat ini yaitu VPN dan TOR.

Tetapi bagi yang belum tahu, kedua singkatan ini sanggup tampak menakutkan. Apa yang dimaksud dengan TOR dan VPN itu? Dan apa perbedaannya? Yang benar yaitu bahwa ada beberapa kesamaan dalam hal manfaat yang sanggup ditawarkan oleh VPN dan Tor, tetapi juga sangat tidak sama. Dalam artikel ini, saya akan membuktikan apa perbedaan antara TOR dan VPN dan memdiberi Anda tiruana informasi yang perlu Anda ketahui biar anda yakin mana yang harus anda gunakan untuk keamanan dan privasi online Anda.

Apa itu TOR?

baru ini terhadap bahaya privasi online dari para peretas TOR vs VPN-Apa Bedanya? Mana Yang Harus Anda Gunakan?

TOR singkatan dari 'The Onion Router' tetapi mengetahui nama lengkapnya tidak cukup membuktikan apa bekerjsama TOR. Sebenarnya TOR yaitu browser internet, tetapi tidak menyerupai Google Chrome atau Microsoft's Edge, ini yaitu salah satu alat yang memmenolong melindungi privasi online Anda. Browser TOR mengarahkan tiruana acara online Anda melalui saluran kondusif yang membuat tiruana yang Anda telusuri tanpa nama. Ini menghentikan Penyedia Layanan Internet (ISP) Anda dari apa yang anda lihat dan apa yang Anda lakukan dikala online, pada dasarnya acara anda tidak sanggup dilacak dari koneksi internet Anda. Menggunakan browser TOR Anda juga sanggup mengakses situs yang diblokir dan disensor juga.

Jaenteng TOR terdiri dari jaenteng ratusan ribu server yang tidak sama yang terletak di seluruh dunia. Data Anda dikirimkan melalui jaenteng ini sebelum mencapai tujuan dan setiap sambungan sebagai tautan yang tidak sanggup diamati. Jika Anda spesialuntuk ingin menjadi anonymous secara online, TOR yaitu pilihan yang tepat, tetapi mempunyai beberapa belum sempurnanya. TOR tidak mengatakan sumbangan lengkap dari peretas yang mungkin ingin berkompromi dan mencuri data Anda. Browser ini sendiri juga tidak 100% kondusif dan sudah diketahui menginstal malware ke perangkat pengguna sebelumnya.

Bagaimana cara kerja TOR?
Jaenteng TOR terdiri dari sejumlah server besar yang tidak sama. Dalam TOR  Server ini lebih sering disebut leksikon yang berfungsi sebagai relai. Mereka dioperasikan oleh sukarelawan yang berlokasi di seluruh dunia. Jika Anda bertanya-tanya mengapa ada logo 'Bawang' yang dipotong dalam singkatan TOR, alasannya adalah, menyerupai bawang, Jaenteng Tor berlapis-lapis. TOR mengenkripsi data Anda dan kemudian mem-bounce-nya di aneka macam relai yang tidak sama

Setiap relai kemudian mendekripsi satu lapis data terenkripsi yang Anda kirim sebelum meneruskannya ke relai diberikutnya. Relai terakhir yang dicapai yaitu tujuan dari data Anda (yaitu situs web yang Anda coba kunjungi). Proses ini membuat hampir mustahil untuk mengikuti data Anda dari perangkat Anda ke tujuan utamanya dan sehingga mengakibatkan apa yang Anda lakukan secara online disebut anonymous.

Bagaimana cara menginstal TOR
Jika Anda ingin mencoba jaenteng TOR untuk diri sendiri, Anda harus mengunduh browser TOR ke perangkat Anda. Hal ini tidak terlalu rumit untuk dilakukan, ikut langkah-demi-langkah singkat ini untuk mengistal browser TOR:


  1. Kunjungi https://www.torproject.org/projects/torbrowser.html untuk mengunduh dan menyimpan Browser TOR. Ini tersedia untuk perangkat Windows, Mac OS, dan GNU / Linux dan dalam 16 bahasa yang tidak sama.
  2. Ketika file sudah diunduh, klik Run untuk mengatur Tor Browser
  3. Pilih folder untuk menyimpan file TOR. Pastikan bahwa ada setidaknya 80MB ruang disk kosong yang tersedia.
  4. Sekarang klik Pasang dan TOR Browser akan diunduh. Ikuti aba-aba yang tampil dilayar dan ketika selesai, Browser TOR sudah diinstal dan siap digunakan.


Apa itu VPN?

baru ini terhadap bahaya privasi online dari para peretas TOR vs VPN-Apa Bedanya? Mana Yang Harus Anda Gunakan?

VPN yaitu singkatan lain yang mungkin tampak menakutkan, tetapi yang satu ini bahkan lebih sederhana daripada TOR. VPN yaitu singkatan dari Virtual Private Network. Ini yaitu alat keamanan dan privasi online lain yang sanggup dipakai untuk sejumlah tujuan yang tidak sama. Tujuan utamanya yaitu untuk memungkinkan pengguna memakai keamanan internet dan untuk memmenolong melindungi privasi mereka dikala mereka online. melaluiataubersamaini demikian, ini akan mengenkripsi tiruana data online Anda dan mengarahkannya melalui server eksternal dengan cara yang menyerupai dengan jaenteng TOR, VPN akan memmenolong menyembunyikan lokasi Anda yang bekerjsama juga mencegah ISP Anda melihat situs apa yang Anda kunjungi.

Tetapi ada aneka macam hal lain yang sanggup Anda lakukan dengan VPN. Ini memungkinkan Anda memakai jaenteng Wi-Fi publik tanpa was was sebab tiruana data Anda akan aman. VPN memungkinkan Anda melewati sensor online yang sudah terapkan oleh pemerintah atau ISP Anda dan mengakses internet secara bebas. Ini juga memungkinkan Anda mengatasi pembatasan geografis yang mencegah beberapa situs web dan layanan streaming online biar tidak sanggup diakses di aneka macam negara. Dan memungkinkan Anda memakai layanan menyerupai situs donwload Kodi atau BitTorrent tanpa takut akan imbas aturan kalau Anda secara tidak sengaja mengunduh konten yang dilindungi hak cipta.

Bagaimana cara kerja VPN?
Untuk memakai VPN, Anda harus mendaftar pada penyedia VPN yang kemudian akan memdiberi Anda perangkat lunak yang memungkinkan Anda mengakses jaenteng server mereka. Setiap penyedia VPN akan mengoperasikan jaenteng server kondusif yang berlokasi di kawasan tidak sama di seluruh dunia. Ketika Anda terhubung ke salah satu server ini, tiruana data online Anda dialihkan melalui terowongan terenkripsi sebelum menuju ke situs web atau layanan yang ingin Anda kunjungi.

melaluiataubersamaini mengenkripsi tiruana yang Anda lakukan dikala online, sanggup dipastikan siapapun yang ingin melihat dan mencatat acara online Anda tidak akan sanggup melakukannya. Ini termasuk peretas, operator pengawasan pemerintah, forum penegak hukum, dan bahkan ISP Anda sendiri. melaluiataubersamaini mengirimkan data ini melalui server lain, Jika Anda ingin menghindari sensor online atau pembatasan geografis, Anda spesialuntuk perlu terhubung ke server di negara lain di mana pembatasan ini tidak ada. Karena ISP dan situs web yang Anda kunjungi tidak sanggup melihat di mana Anda berada, kalau server VPN berada di kawasan yang tepat, Anda akan sanggup mengakses apa pun tanpa hambatan.

Teknik memasang VPN

  1. Untuk memakai VPN, Anda harus mendaftar ke penyedia VPN. 
  2. Pilih penyedia VPN pilihan Anda dan pergilah ke situs web mereka. 
  3. Di situs web, pilih paket langganan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan kemudian ikuti petunjuk di layar untuk berlangganan layanan mereka. Sebagian besar VPN akan dikenakan biaya tidak lebih dari beberapa dolar sebulan.
  4. Saat Anda berlangganan, Anda harus mengunduh perangkat lunak VPN ke perangkat Anda. Sebagian besar penyedia akan mengatakan aplikasi khusus untuk komputer Windows dan Mac serta perangkat Android dan iOS. Banyak mengatakan aplikasi untuk perangkat lain juga. Pilih perangkat lunak yang tepat untuk Anda dan kemudian ikuti petunjuk untuk mengunduhnya ke perangkat Anda.
  5. Sesudah aplikasi terinstal, buka dan ketika diminta, masukkan detail login yang akan Anda diberikan ketika Anda menuntaskan 2 langkah dari proses ini.
  6. Ini akan membuka aplikasi Anda dan Anda akan mempunyai pilihan. Sebagian besar VPN sanggup terhubung ke jaenteng mereka dengan satu klik dan kemudian melanjutkan browsing internet Anda. Atau, kalau Anda suka, Anda sanggup menentukan server mana yang ingin Anda hubungkan atau menyesuaikan layanan mereka sesuai dengan kebutuhan Anda.

  Baca juga


TOR vs VPN - Keuntungan dan kerugiannya


Sementara jaenteng TOR dan VPN sangat tidak sama pada tingkat teknis, tapi mempunyai tujuan yang sama dalam hal layanan bagi pengguna.

Keunggulan Tor
Private dan anonymous - benar-benar tidak ada yang sanggup melihat apa yang Anda lakukan dikala online atau melacak acara online Anda.

Aman dan Andal - Karena TOR yaitu jaenteng terdistribusi, yang terdiri dari jaenteng besar relay independen, hampir mustahil untuk ditutup. Jika satu relay mati, jaenteng spesialuntuk memotong itu dan mem-bounce data di kawasan lain.

Gratis - Sama sekali tidak ada biaya untuk memakai TOR Router.

Kerugian Tor
Kecepatan lambat dan tidak konsisten - cara kerja TOR hampir selalu lambat dan kecepatan sanggup sangat tidak teratur. Mengambil data di sekitar relai yang tidak sama di seluruh dunia membutuhkan waktu dan sebab Anda sanggup memakai jumlah relai yang tidak sama, kecepatan sanggup berubah dengan sangat cepat.

Tidak sesuai untuk P2P atau Streaming - Karena kecepatan lambat ini, TOR tidak cocok untuk mengunduh konten dari situs P2P (atau di mana pun) atau untuk streaming konten media online. P2P juga tidak disukai dalam komunitas TOR sebab memperlambat seluruh jaenteng.

Tidak sanggup dipakai untuk pembatasan geografis - secara teknis TOR sanggup dipakai untuk spoof lokasi Anda untuk mengelabui situs yang memakai pembatasan geografis. Tetapi ini bukan hal yang simpel dilakukan dan sanggup sedikit rumit secara teknis bagi siapa pun yang belum terbiasa dengan cara kerja TOR.

Keunggulan VPN
Kecepatan Koneksi - Layanan VPN premium sebagian besar memakai server super cepat dan sebab data Anda spesialuntuk melewati satu server, ia hingga ke tujuan yang dituju jauh lebih cepat daripada di jaenteng TOR. Ini mengakibatkan VPN ideal untuk mengunduh, streaming, dan P2P.

cepatdangampang untuk menghindari penyensoran dan pembatasan geografis - melaluiataubersamaini VPN, sangat simpel untuk mengubah geo-lokasi Anda. Penyedia mengatakan jaenteng server di lokasi di seluruh dunia. Sesudah terhubung, Anda akan sanggup mengakses konten apa pun yang tersedia di lokasi tersebut dan menghindari sensor online negara Anda sendiri dan mengakses apa pun yang dibatasi geografis di mana Anda berada.

Privasi dan keamanan - VPN tetap memastikan privasi dan keamanan pengguna. Sebagian besar mengatakan enkripsi 256-bit, dan aneka macam protokol enkripsi yang tidak sama dengan OpenVPN default sebagian besar penyedia. Kebanyakan penyedia tidak menyimpan log penerapan apa pun, jadi acara online Anda tidak sanggup dilacak di mana pun.

Kekurangan VPN
Harga - Anda harus mengeluarkan uang untuk sewa VPN, Ada VPN gratis yang tersedia tetapi ini tidak dimasukankan sebab sering tidak kondusif dan sering akan menjual data online Anda ke pihak ketiga.

Kepercayaan - melaluiataubersamaini memakai VPN, Anda pada dasarnya menempatkan kepercayaan Anda pada penyedia VPN yang Anda pilih. Tidak menyerupai jaenteng TOR, data Anda sedang melewati satu server dan oleh sebab itu sanggup dilihat oleh operator Anda. Kebanyakan VPN tepercaya tidak akan menyimpan catatan acara Anda, tetapi beberapa ada yang mencatatnya. Oleh sebab itu penting untuk melaksanakan penelitian dan spesialuntuk menentukan penyedia yang kebijakan privasi sanggup diterima untuk Anda.

Kesimpulan: TOR Network dan VPN mempunyai tujuan yang sama dalam hal layanan, mereka bekerjsama sangat tidak sama, baik dalam cara mereka bekerja dan apa yang mereka tawarkan kepada pengguna. Jika privasi yaitu tujuan utama Anda dalan melaksanakan acara online, maka TOR dan VPN terang ialah pilihan yang tepat untuk Anda.
Tag : tahukah anda
0 Komentar untuk "Tor Vs Vpn-Apa Bedanya? Mana Yang Harus Anda Gunakan?"

Back To Top