Cara Membuka File Csv

loading...
 File ini kebanyakan memakai abjad koma untuk memisahkan  Teknik membuka file CSV

File CSV kadang kala disebut Character Separated Values ​​atau Comma Delimited files. File ini kebanyakan memakai abjad koma untuk memisahkan (atau membatasi) data, tetapi terkadang memakai abjad lain, menyerupai titik dan string. Anda juga sanggup mengekspor data secara kompleks dari satu aplikasi ke file CSV, dan kemudian mengimpor data dalam file CSV itu ke aplikasi lain.

File Comma Separated Values ​​(CSV) yakni file teks biasa yang meliputi daftar data. File-file ini sering dipakai untuk bertukar data antara aplikasi yang tidak sama. Sebagai contoh, database dan contact managers sering mendukung file CSV.

Struktur File CSV


File CSV mempunyai struktur yang cukup sederhana. Ini yakni daftar data yang dipisahkan oleh koma. Misalnya, katakanlah Anda mempunyai beberapa kontak di aplikasi kontak, dan Anda mengekspornya sebagai file CSV. Anda akan mendapat file yang meliputi teks menyerupai ini:

Nama, Email, Nomor Telepon, Alamat

Bob Smith, bob@example.com, 123-456-7890,123 Fake Street

Mike Jones, mike@example.com, 098-765-4321,321 Fake Avenue

File CSV sanggup lebih rumit dari itu, dan sanggup meliputi ribuan baris, lebih banyak entri pada setiap baris, atau teks string panjang. Beberapa file CSV bahkan mungkin tidak mempunyai header di bab atas, dan beberapa mungkin memakai tanda kutip untuk mengelilingi setiap bit data, tetapi itulah format dasarnya.

File CSV dirancang untuk mempergampang kita mengekspor data dan mengimpornya ke kegiatan lain. Data yang dihasilkan sanggup dibaca siapapun dan sanggup dengan praktis dilihat dengan editor teks menyerupai Notepad atau kegiatan spreadsheet menyerupai Microsoft Excel.

Teknik Membuka File CSV


1. melaluiataubersamaini Editor Teks Notepad
Untuk melihat isi file CSV di Notepad, klik kanan pada File Explorer atau Windows Explorer, kemudian pilih perintah “Edit”.

Anda akan melihat daftar plaintext data dalam file CSV. Misalnya, jikalau file CSV diekspor dari kegiatan kontak, Anda akan melihat isu ihwal setiap kontak di sini, dengan detail kontak yang diurutkan ke baris baru. Jika diekspor dari pengelola kata sandi menyerupai LastPass, Anda akan melihat entri masuk situs web tidak sama pada barisnya masing-masing.

2. melaluiataubersamaini Program Spreadsheet
Anda juga sanggup membuka file CSV dalam kegiatan spreadsheet, yang menciptakannya lebih praktis dibaca. Misalnya, jikalau Anda menginstal Microsoft Excel di komputer Anda, Anda sanggup mengklik dua kali file csv untuk membukanya di Excel secara default. Jika tidak terbuka di Excel, Anda sanggup mengklik kanan file CSV dan pilih open with> Excel.

Jika Anda tidak mempunyai Excel, Anda sanggup mengunggah file ke layanan menyerupai Google Spreadsheet atau memasang office suite gratis menyerupai LibreOffice untuk melihatnya.

Baca juga: Apa WebP Itu? Teknik Menyimpannya Sebagai JPEG / PNG Bagaimana?

Teknik Mengimpor File CSV ke dalam Aplikasi


Banyak file CSV dibentuk untuk diimpor ke kegiatan lain. Anda sanggup mengekspor kontak Anda dari Google Kontak, kata sandi yang Anda simpan dari LastPass, atau sejumlah besar data dari kegiatan database. File CSV yang dihasilkan kemudian sanggup diimpor ke dalam aplikasi yang mendukung jenis data tersebut.

Bergantung pada aplikasi daerah Anda mengekspor data, Anda mungkin perlu menentukan format CSV yang sesuai untuk aplikasi target. Misalnya, Google Kontak sanggup mengekspor kontak dalam format Google CSV (untuk Kontak Google) atau Outlook CSV (untuk Microsoft Outlook). Either way, Anda mendapat file CSV yang meliputi data, tetapi diorganisasikan dengan cara yang sedikit tidak sama.

Dalam aplikasi yang sesuai, cari opsi "Import" atau "Impor CSV", yang memungkinkan Anda menentukan file CSV untuk diimpor. Misalnya, di Microsoft Outlook, Anda sanggup mengklik File > Open & Export > Import/Export > Import From Another Program or File > Comma Separated Values to import contacts from a CSV file.

File CSV yakni sesuatu yang tidak perlu dipusingkan oleh kebanyakan orang. Namun, jikalau Anda perlu mendapat isu dari suatu aplikasi, CSV sanggup diandalkan.
Tag : tutorial
0 Komentar untuk "Cara Membuka File Csv"

Back To Top