Cara Sideload Aplikasi Di Android

loading...
 Jika Anda pengguna Android maka Anda tahu bahwa ada banyak aplikasi di Play Store yang da Teknik sideload aplikasi di Android

Jika Anda pengguna Android maka Anda tahu bahwa ada banyak aplikasi di Play Store yang sanggup Anda unduh dan instal ke perangkat Anda. Namun, tidak tiruana aplikasi yang mungkin ingin Anda gunakan tersedia dari Play Store. Bergantung pada wilayah di mana Anda berada dan versi Android yang dipakai perangkat Anda, beberapa aplikasi mungkin tidak tersedia di Play Store. Ketika ini terjadi dan Anda ingin menginstal aplikasi namun tidak tersedia di Play Store, Anda sanggup menginstal aplikasi secara manual pribadi dari file installer dan proses ini yang disebut sideload.

Dalam artikel ini, saya akan share dasar-dasar wacana siteload dan apa risiko yang terkait dengannya, sehingga Anda sanggup melanjutkan dengan aman. Bukan spesialuntuk itu saja, saya juga akan mengatakan kepada Anda cara melaksanakan sideload aplikasi di Android.

Apa Sideloading itu?

Sideloading ialah istilah yang mengacu pada menginstal aplikasi ke perangkat Android Anda yang tidak berasal dari Play Store. Biasanya, ketika Anda ingin menginstal aplikasi ke perangkat Android Anda maka Anda cukup pergi ke Play Store, mencari aplikasi yang Anda inginkan, dan lalu menginstalnya dari halaman Play Store. Tetapi terkadang Anda ingin memasang aplikasi dari sumber selain Play Store.

Untuk melaksanakan sideload aplikasi di Android, Anda perlu mengubah beberapa pengaturan pada perangkat Android Anda dan lalu mencari file apk untuk menginstal aplikasi yang Anda inginkan. Proses ini disebut sideloading.

Apa Saja Risiko Aplikasi Sideloading?

Anda akan melihat banyak peringatan wacana sideloading, baik dari situs web yang mempersembahkan isu wacana itu dan dari perangkat Anda ketika Anda memulai proses pengistalan. Ini alasannya ialah memang ada risiko keamanan aplikasi sideloading yang harus Anda waspadai. Aplikasi yang Anda kirim ulang belum diperiksa dan disetujui oleh Play Store, artinya aplikasi itu mungkin meliputi instruksi berbahaya yang sanggup membahayakan atau bahkan membuat perangkat Anda menjadi rusak.

Aplikasi yang diunduh secara ilegal sering mengalami dilema ini. File apk yang Anda gunakan untuk menginstal aplikasi mungkin terlihat sah dan bahkan mungkin benar-benar berfungsi untuk menginstal aplikasi, tetapi juga sanggup menyertakan malware tersembunyi pemanis di dalamnya. Malware ini sanggup melaksanakan hal-hal ibarat mencuri data Anda, memasukkan iklan ekstra ke browser web Anda dan aplikasi lain, atau menimbulkan perangkat Anda bab dari botnet.

Untuk alasan ini, Anda harus sangat berhati-hati untuk spesialuntuk memakai sumber yang sanggup mendapatkan amanah ketika Anda mengistal aplikasi. Anggap saja ibarat ini: Anda tidak akan menyerahkan ponsel yang tidak terkunci ke orang absurd untuk mereka mainkan. Dan menginstal file .apk ibarat membiarkan kegiatan mengakses ponsel yang tidak terkunci. Oleh alasannya ialah itu, Anda sebaiknya spesialuntuk menginstal .apks dari situs yang Anda kenal dan terpercaya.

Baca juga: 9 Aplikasi android terbaik yang tidak ada di Google Play Store

Teknik Melakukan Sideload Aplikasi

Sekarang setelah Anda memahami apa proses sidelading dan apa risiko yang terlibat, Anda sanggup memutuskan apakah Anda ingin melanjutkan. Untuk memulai sideloading Anda harus terlebih lampau mengaktifkan penerapan sumber yang tidak dikenal di perangkat Anda, dan lalu Anda sanggup berpindah ke pemuatan aplikasi sebenarnya. Jangan khawatir, ini proses yang sederhana. Cukup ikuti langkah-langkah diberikut untuk mulai memilah-milah aplikasi ke perangkat Android Anda:

Aktifkan Sumber Tidak Dikenal

Untuk memulai aplikasi sideloading, pertama-tama Anda harus mematikan fitur mencegah sumber yang tidak dikenal di sajian keamanan Android. Opsi ini ada untuk mencegah orang menginstal perangkat lunak secara tidak sengaja ke perangkat dari situs yang tidak sanggup dipercaya. Jika Anda pengguna Android dan Anda tahu wacana keamanan maka Anda sanggup mematikan opsi ini dan berhati-hati spesialuntuk untuk menginstal aplikasi dari situs yang Anda percayai.

Berikut cara mengaktifkan penerapan sumber tidak dikenal untuk menginstal perangkat lunak di Android:

1. Pergi ke Pengaturan
2. Buka Keamanan
3. Temukan item Sumber tidak dikenal
4. Setel penggeser ke posisi aktif
5. Anda akan melihat peringatan bahwa menginstal dari sumber yang tidak dikenal mungkin berbahaya bagi perangkat Anda. Klik OK untuk melanjutkan
6. Sekarang Anda sanggup menginstal aplikasi dari lokasi selain Play Store dan Anda siap memulai aplikasi sideloading

Kesimpulan: Jika Anda ingin menginstal aplikasi Android dari sumber selain Play Store, Anda harus tahu cara melaksanakan sideload aplikasi. Anda harus berhati-hati ketika melaksanakan ini alasannya ialah Anda harus menginstal aplikasi dari sumber yang Anda percaya, alasannya ialah Anda akan membiarkan aplikasi mempunyai kanal ke data sensitif di ponsel Anda. Namun, kalau Anda tahu sumber aplikasi Anda dan Anda memercayainya, maka proses untuk sidelading itu sederhana dan perlu untuk diketahui.
Tag : android
0 Komentar untuk "Cara Sideload Aplikasi Di Android"

Back To Top