Software Bioinformatika Gratis Terbaik Untuk Windows

loading...
Software bioinformatika gratis terbaik untuk Windows Software bioinformatika gratis terbaik untuk Windows

Berikut ini ialah daftar software bioinformatika gratis terbaik untuk Windows. melaluiataubersamaini memakai software ini, Anda sanggup melihat dan menganalisis data biologis menyerupai rangkaian DNA, RNA, dll. Data biologis yang Anda analisis berasal dari aneka macam spesies menyerupai aptMan, Bos taurus, Gorilla, dll. Untuk menganalisis genom tertentu, Anda perlu memakai database yang didukung atau diberikan file urutan. File urutan sanggup berupa aneka macam jenis menyerupai .mga, .txt, .pir, dll.

Anda sanggup dengan praktis melihat urutan yang terdapat dalam file masukan pada antarmuka software ini untuk memahami dan menganalisis urutannya secara terang dalam hal fungsi, struktur, evolusi , dll. Kebanyakan software memakai arahan warna untuk menandai urutan yang terdiri dari elemen yang sama. Selain itu, ada banyak tool pengamat dan penganalisa lain yang sanggup Anda gunakan termasuk zoom in / out, tampilan struktur 3D, diagram Pohon, dll.

Jika Anda mempunyai pengetahuan yang cukup wacana urutan genetik, Anda juga sanggup mengedit urutan dengan praktis memakai software bioinformatika ini. Dalam pengeditan urutan, Anda sanggup mengubah abjad urutan, mengubah arahan warna urutan, menambahkan anotasi, dll. Sesudah modifikasi, Anda juga sanggup menentukan untuk menyimpan versi modifikasi urutan dalam format file TXT, XLX, GB, dll.

Berikut software bioinformatika gratis terbaik untuk Windows:

MEGA

Software bioinformatika gratis terbaik untuk Windows Software bioinformatika gratis terbaik untuk Windows

MEGA ialah software bioinformatika gratis dan praktis dipakai untuk Windows. software ini terutama dipakai untuk menganalisa data urutan protein dan DNA dari spesies dan populasi. Selain itu, Anda juga sanggup melaksanakan aneka macam jenis analisis urutan menyerupai Interferensi Phylogeny, Model Selection, Dating and Clocks, Penyelarasan Urutan, dll. Plus, aneka macam metode Statistik penting (metode jarak, metode kemungkinan maksimum, dll.) Dan Powerful visual tools untuk penjelajah data juga tersedia. Semua tool dan fitur yang mengesankan ini memungkinkan Anda menganalisis rangkaian masukan DNA dan Protein secara menyeluruh.

Dalam aplikasi gratis ini, Anda sanggup memasukkan urutan DNA dan Protein sebagai file teks (.txt) atau sebagai file MEGA (.mga). Sesudah mengirimkan file, Anda sanggup melihat dan menganalisis data dengan memakai aneka macam hidangan yang tersedia. Mari kita lihat sekilas bagaimana cara kerja hidangan ini.

TA DATA: Menggunakan hidangan ini, Anda sanggup melihat urutan input dalam bentuk simbol menyerupai T, L, Q, R, dll. Setiap simbol mempunyai arti khusus dan untuk menyorot jenis simbol tertentu, Anda sanggup memakai tool menyerupai C (menandai situs conserved), V (menandai situs variabel), dll.
Models: Ini ialah hidangan yang sangat penting di mana Anda sanggup menemukan model DNA / protein terbaik, mengestimasi matriks substitusi, menghitung komposisi asam amino, menghitung indeks ketimpangan pola, dan banyak lagi.
Distance: Digunakan untuk mengetahui urutan jarak berpasangan, jarak rata-rata keseluruhan, dll.
Phylogeny: Meskipun tab ini, Anda sanggup mengonversi urutan masukan ke pohon kemungkinan maksimum, pohon penggabung tetangga, pohon evolusi minimum, dll.
User Tree: Ini dipakai untuk menganalisis data input memakai aneka macam jenis User Tree menyerupai Least Squares dan Parsimony.

Terlepas dari fitur-fitur penting ini, Anda sanggup menemukan beberapa hidangan komplemen lain untuk menuntaskan aneka macam tugas. Grafik dan laporan yang dihasilkan yang disediakan oleh software ini sanggup disimpan sebagai format file Newick (.nwk).

Download MEGA dari situs resminya.

UGENE

Software bioinformatika gratis terbaik untuk Windows Software bioinformatika gratis terbaik untuk Windows

UGENE ialah software open source bioinformatika gratis untuk Windows. Dalam software ini, Anda sanggup menciptakan, mengedit, menganotasi, dan menganalisis urutan asam dan protein nukleat. Plus, software ini dilengkapi dengan kontribusi bawaan untuk aneka macam basis data menyerupai NCBI, PDB, ENSEMBL, dll., Dalam software ini, Anda juga sanggup menemukan banyak tool analisis menyerupai analisis data Sanger, analisis data NGS, BLAST, penyelarasan urutan ganda, Kloning, tool HMMER, dll. Sebagian besar tool analisis ini bekerja dengan rangkaian lokal maupun dengan basis data urutan yang sanggup Anda unduh memakai URL.

Teknik menganalisis urutan asam nukleat dan protein memakai software ini:

  • Tambahkan file urutan (ACE, BAM, GFF, GTF, MMDB, SAM, Raw sequence, NEXUS, dll.) melaluiataubersamaini memakai hidangan File. Urutan hadir dalam file secara otomatis akan terbuka pada antarmuka utama.
  • Dalam urutan yang tersedia, Anda sanggup melihat bahwa software ini secara otomatis menarikdanunik simbol serupa dari spesies yang tidak sama dalam warna yang sama. Skema warna ini sangat berkhasiat untuk mengidentifikasi simbol atau arahan dari aneka macam spesies yang sama. Skema warna ini juga sanggup diubah dengan mengubah jenis warna ke Clustal X, Helix Propensity, Strand Propensity, dll.
  • Anda juga bisa memakai aneka macam tool yang tersedia menyerupai Zoom in / out, penyelarasan, statistik, dll. Untuk menganalisis urutannya.

Sesudah analisis, Anda sanggup mengekspor data urutan dalam format PNG, BMP, JPG, TIFF, dan SVG. UGENE ialah software bioinformatika yang cukup cantik untuk Windows dengan antarmuka yang sederhana.

Download UGENE dari situs resminya.

Jalview

Software bioinformatika gratis terbaik untuk Windows Software bioinformatika gratis terbaik untuk Windows

Jalview ialah software bioinformatika gratis lainnya untuk Windows. melaluiataubersamaini memakai software ini, Anda sanggup melihat dan mengedit perataan urutan, menganalisis urutan dengan principal component analysis (PCA) plot dengan phylogenetic trees, dan mengeksplorasi struktur molekul dan anotasi. software ini juga dilengkapi dengan DNA bawaan, RNA, urutan protein, dan visualisasi struktur dan kemampuan analisis. Plus, beberapa tool yang berkhasiat menyerupai Jmol untuk melihat struktur 3D, VARNA untuk menampilkan struktur sekunder RNA, dll juga tersedia.

Dalam software ini, Anda sanggup menambahkan urutan dengan pribadi menulisnya, dengan menambahkan URL file urutan, atau dengan mengirimkan file urutan format yang didukung (PFAM, PIR, JSON, BLC, dll.). Segera setelah Anda memasukkan urutan, software ini secara otomatis akan membuka tampilan struktur pohon, tampilan struktur 3D, dan beberapa jendela pelurusan urutan untuk melihat, menyelaraskan, dan menganalisis urutan. Dalam software bioinformatika ini, Anda juga sanggup memperhatikan bahwa setiap perubahan dalam penyejajaran berurutan secara pribadi memengaruhi struktur 3D secara real time untuk memmenolong Anda menganalisis urutannya dengan cepat.

Rekomendasi software gratis untuk anda:

Terlepas dari tool analisis utama, Anda sanggup menemukan banyak tool berkhasiat lainnya dalam software ini menyerupai warna (untuk mengubah contoh warna urutan secara manual), Anotasi (untuk menampilkan atau menyembunyikan aneka macam klarifikasi urutan yang bermanfaa), Hitung (untuk menghitung perataan berpasangan, penghitungan otomatis konsensus, mengatakan wilayah mengapit, dll.), dan banyak lagi.

Download JALVIEW dari situs resminya.

Secara keseluruhan, ketiga fitur software  yang saya sebutkan diatas memmenolong anda dengan praktis menganalisis dan mempelajari aneka macam sekuens bioinformatika dari beberapa spesies dengan gampang.
0 Komentar untuk "Software Bioinformatika Gratis Terbaik Untuk Windows"

Back To Top