Perbedaan Antara Mikroprosesor Dan Mikrokontroler

loading...
Perbedaan Antara Mikroprosesor Dan Mikrokontroler Perbedaan Antara Mikroprosesor Dan Mikrokontroler

Hampir tiruana elektronik yang kita temui di sekitar kita hadir dengan dibekali mikroprosesor atau mikrokontroler sebagai otak dari perangkat elektronik tersebut. Meskipun kedua komponen ini mungkin bekerja dengan cara yang sama, keduanya sesungguhnya tidak sama. Selain itu, alasannya yakni ada perbedaan di antara keduanya, masing-masing dipakai di aneka macam bidang juga. Komputer high-end dan laptop memakai mikroprosesor sebagai otaknya. Sementara elektronik kecil lainnya menyerupai jam digital, sensor suhu memakai mikrokontroler sebagai otaknya.

melaluiataubersamaini demikian, mikroprosesor dipakai untuk beberapa elektro canggih, sedangkan mikrokontroler dipakai dalam elektronik low-end dan sistem embedded . Itulah perbedaan antara keduanya. Tetapi ada perbedaan lain di antara keduanya terlepas dari perbedaan dalam implementasi, ada perbedaan antara mikroprosesor dan mikrokontroler dalam arsitektur, harga, cara kerja, dan aspek lainnya. Jika Anda berencana membuat proyek elektronik, Anda harus memahami perbedaan antara keduanya untuk mengenali yang paling sesuai untuk proyek Anda.


Perbedaan Antara Mikroprosesor Dan Mikrokontroler

Arsitektur
Ada banyak perbedaan antara mikroprosesor dan mikrokontroler pada sisi arsitektur. Mikrokontroler didasarkan pada arsitektur Harvard, di mana aba-aba kegiatan dan data berada dalam dua unit yang tidak sama. Selain itu, mikrokontroler yakni chip siap pakai, di mana chip seukuran telapak tangan dilengkapi dengan unit pemrosesan RAM dan ROM untuk penyimpanan data. melaluiataubersamaini demikian, Anda tidak perlu khawatir wacana koneksi antar RAM dan ROM. Sebagian besar mikrokontroler didasarkan pada arsitektur 8-bit. Cukup burn kegiatan ke mikrokontroler Anda, pasang periferal , dan mikrokontroler Anda siap digunakan.

Perbedaan Antara Mikroprosesor Dan Mikrokontroler Perbedaan Antara Mikroprosesor Dan Mikrokontroler

Di sisi lain, mikroprosesor didasarkan pada arsitektur von Neumann, di mana data kegiatan dan aba-aba berada di memori yang sama. Chip sendiri spesialuntuk dibekali dengan prosesor. Ini membutuhkan eksternal RAM, penyimpanan, dan ROM untuk berfungsi dengan benar. Meskipun mikroprosesor dilengkapi dengan beberapa register yang sangat terbatas dan dipakai untuk menyimpan sejumlah data yang mungkin diharapkan oleh chip ketika melaksanakan beberapa jenis operasi. Mikroprosesor umumnya didasarkan pada arsitektur 16-bit, 32-bit atau 64-bit. Jadi, Anda perlu menghubungkan RAM, ROM, dan penyimpanan terlebih lampau untuk menciptakannya berfungsi, dan setelah itu, Anda sanggup menambahkan periferal lain yang diperlukan.

Beberapa pola mikrokontroler yakni AVR, 8051, PIC dll. Beberapa mikroprosesor yakni Intel 8085, AMD, dll.

Ukuran
Karena mikrokontroler tidak memerlukan periferal eksternal lainnya, ukuran sistem berbasis mikrokontroler cukup kecil dan dipakai dalam sistem embedded dan elektronik kecil secara ekstensif.

Di sisi lain, sistem berbasis mikroprosesor memerlukan komponen komplemen yang membuat ukuran sirkuit sangat besar. Ini yakni alasan di balik penerapan mikroprosesor secara luas di komputer dan perangkat elektronik lainnya.

Biaya
Karena mikrokontroler yakni sirkuit terpadu tunggal, biaya sistem berbasis mikrokontroler relatif lebih murah, jikalau dibandingkan dengan sistem, yang didasarkan pada mikroprosesor.

Kinerja
Mikroprosesor biasanya mempunyai kinerja yang lebih baik dibandingkan mikrokontroler. Bahkan mikrokontroler terbaik spesialuntuk mempunyai kecepatan clock maksimum 200 MHz atau lebih. Sementara di sisi lain, mikroprosesor hadir dengan kecepatan clock yang sangat tinggi, yang berada pada kimasukan 3 GHz, 4 GHz, dll.

Fleksibilitas
Microcontrollers yakni sirkuit terintegrasi tunggal, yang hadir dengan jumlah RAM dan penyimpanan yang tetap. Jika Anda ingin menambah atau mengubah ukuran RAM dan penyimpanan, satu-satunya pilihan yakni mengganti mikrokontroler lengkap dan memakai mikrokontroler yang baru, yang dilengkapi dengan jumlah RAM dan penyimpanan yang Anda inginkan.

Di sisi lain, alasannya yakni mikroprosesor membutuhkan komplemen RAM dan penyimpanan semoga sanggup berfungsi. melaluiataubersamaini demikian Anda bebas untuk mengubah ukuran RAM dan penyimpanan kapan pun Anda mau tanpa mengubah tiruana mikroprosesor yang ialah jantung dari sistem. Ini menyerupai dengan komputer, di mana RAM dan penyimpanan sanggup diubah kapan pun diperlukan.

melaluiataubersamaini demikian, sistem berbasis mikroprosesor mengatakan lebih banyak fleksibilitas jikalau dibandingkan dengan mikrokontroler.


Konsumsi daya
Mikrokontroler menjadi platform berbasis IC tunggal kebutuhan daya relatif lebih rendah dari mikroproseso, di mana daya diharapkan untuk tiruana periferal komplemen yang terhubung dengannya. melaluiataubersamaini demikian, mikrokontroler mengatakan fitur penghematan daya yang lebih baik dibandingkan dengan sistem berbasis mikroprosesor.

Itulah perbedaan antara mikroprosesor dan mikrokontroler. Semoga artikel sanggup menambah wawasan anda, terima kasih atas kunjungannya.
Tag : tahukah anda
0 Komentar untuk "Perbedaan Antara Mikroprosesor Dan Mikrokontroler"

Back To Top